2023-04-11 16:03:03

Artikel dengan Judul “” merupakan artikel yang bersumber dari “https://bali.suara.com/read/2023/04/11/155355/jelang-idul-fitri-disnaker-bali-baru-terima-satu-aduan-soal-thr


SuaraBali.id – Menjelang lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) dan ESDM Provinsi Bali mencatat hampir 50 aduan di posko pengaduan THR tahun 2022.

Adapun posko tersebut kembali dibuka pada tahun 2023. Namun kali ini baru satu yang mengadu secara daring.

Posko yang dibuka tiap tahun ini merupakan kewajiban pemerintah untuk memfasilitasi tenaga kerja atau pemberi kerja bilamana terjadi kondisi yang tidak ideal dalam hubungannya.

“Posko ini tiap tahun, karena ini kewajiban dari pemerintah untuk menyiapkan kepada tenaga kerja atau kepada pemberi kerja, kepada siapa dia melapor jika ada perselisihan atau ada kondisi tidak ideal, ya ke pemerintah,” kata Kepala Disnaker Bali Ida Bagus Setiawan, Selasa (11/4/2023).

Baca Juga:Jadwal Buka Puasa Ramadhan Untuk Wilayah Bali, Selasa 11 April 2023

Di tahun sebelumnya ada 21 daring dan 25 aduan langsung ke posko pengaduan THR di Kantor Disnaker Bali di Jalan Puputan, Denpasar. 

Penyebabnya sendiri beragam, diantaranya soal pemberian THR hingga norma ketenagakerjaan

“Harus dicek secara mendalam (kendala perusahaan) biasanya karena kemampuan perusahaan akibat kemarin kita dua tahun pandemi. Sekarang pada kondisi di dunia kerja sudah membaik kembali ke arah normal semoga tidak banyak terjadi kasus,” ujar Setiawan.

Sedangkan menurutnya kondisi pada tahun ini belum bisa diprediksi lantaran baru satu laporan yang masuk secara daring dari tenaga kerja di Bali. Ia menyebut laporan yang masuk akan terakumulasi H-7 Idul Fitri.

Menurutnya, yang harus dilakukan perusahaan atau pemberi kerja adalah berkomunikasi dengan tenaga kerja apabila ada kendala dalam pemberian THR agar tidak merugikan kedua pihak.

Pada tahun sebelumnya, setiap laporan umumnya akan diselesaikan Disnaker Bali dengan cara pemeriksaan khusus terhadap perusahaan yang diadukan, dan tahun ini Setiawan berharap agar permasalahan terkait THR dapat selesai dengan mediasi.

  • 1
  • 2

Artikel dengan judul "" diatas merupakan tanggung jawab dari https://bali.suara.com/read/2023/04/11/155355/jelang-idul-fitri-disnaker-bali-baru-terima-satu-aduan-soal-thr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *