Apakah Mencabut Gigi di Siang Hari Saat Bulan Ramadan Bisa Batalkan Puasa? Begini Kata Buya Yahya

2023-04-11 13:03:11

Artikel dengan Judul “Apakah Mencabut Gigi di Siang Hari Saat Bulan Ramadan Bisa Batalkan Puasa? Begini Kata Buya Yahya” merupakan artikel yang bersumber dari “https://metro.suara.com/read/2023/04/11/125318/apakah-mencabut-gigi-di-siang-hari-saat-bulan-ramadan-bisa-batalkan-puasa-begini-kata-buya-yahya


Umat Islam perlu menghindari beberapa perkara yang bisa membatalkan puasa. Salah satu hal yang biasa diperdebatkan karena disebut bisa membuat puasa hangus adalah melakukan perawatan gigi, yaitu mencabut gigi.

Lantas, apakah benar mencabut gigi bisa membuat puasa batal?

Buya Yahya menjelaskan bahwa mencabut gigi di siang hari selama bulan Ramadan tidak akan membatalkan puasa yang sedang dikerjakan seorang umat muslim. Pendiri Pondok Pesantren Al-Bahjah ini lantas mengungkapkan, mencabut gigi bisa membatalkan puasa jika gigi yang dicabut ikut ditelan.

“Sederhana, cabut gigi di siang hari di bulan Ramadan tidak membatalkan puasa asal giginya jangan ditelan,” kata Buya Yahya seperti dikutip melalui kanal YouTube Al-Bahjah TV pada Selasa (11/4/2023).

Baca Juga:Enak dan Bermanfaat! Ini 5 Kudapan Sehat yang Cocok Disuguhkan saat Lebaran

Dalam hal ini, Buya Yahya juga membeberkan terkait sembilan perkara yang bisa membatalkan puasa, yaitu meliputi hal-hal di bawah ini.

1. Memasukkan Sesuatu ke Dalam Salah Satu Lima Lubang

2. Muntah dengan Sengaja

3. Bersenggama

4. Keluar Mani dengan Sengaja

Baca Juga:Kader PDIP Bagi-bagi Uang di Masjid, Bawaslu Sebut Tak Temukan Pelanggaran

5. Hilang Akal

6. Haid

7. Melahirkan

8. Nifas

9. Murtad


Artikel dengan judul "Apakah Mencabut Gigi di Siang Hari Saat Bulan Ramadan Bisa Batalkan Puasa? Begini Kata Buya Yahya" diatas merupakan tanggung jawab dari https://metro.suara.com/read/2023/04/11/125318/apakah-mencabut-gigi-di-siang-hari-saat-bulan-ramadan-bisa-batalkan-puasa-begini-kata-buya-yahya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *