CEK FAKTA: Pecah Tangis Presiden Jokowi saat Melihat Rumah Ibu Ida Dayak yang Viral, Berikut Faktanya!

2023-04-11 11:36:34
Artikel dengan Judul CEK FAKTA: Pecah Tangis Presiden Jokowi saat Melihat Rumah Ibu Ida Dayak yang Viral, Berikut Faktanya! merupakan artikel yang bersumber dari https://denpasar.suara.com/read/2023/04/11/112829/cek-fakta-pecah-tangis-presiden-jokowi-saat-melihat-rumah-ibu-ida-dayak-yang-viral-berikut-faktanya
Suara Denpasar  – Presiden Jokowi dikabarkan pernah mengunjungi rumah Ida Dayak, seorang perempuan ahli pengobatan alternatif yang saat ini tengah menjadi buah bibir publik.

Kemampuan Ida Dayak dalam urusan mengobati pasien yang lumpuh, alami patah tulang, hingga stroke memang tidak bisa dianggap enteng. 

Namun benarkah berkat kemampuannya tersebut membuat Presiden Jokowi menyempatkan diri untuk berkunjung ke rumah Ida Dayak?

Dikutip dari kanal YouTube ASIK GOSIB pada Selasa (11/4/2023) pemilik akun mengunggah video dengan judul: Petcah Tangis Presiden Jokowi, Saat Melihat Rumah Ibu Ida Dayak yang Lagi Viral. Baca Juga:Viral, Ustaz Abdul Somad Bongkar Kedok Ibu Ida Dayak

Video yang telah ditonton sebanyak 1000 kali itu berhasil menyita perhatian publik dengan menempelkan beberapa foto pada Thumbnail video, seperti seorang pembawa acara stasiun televisi CNN, Presiden Jokowi, Ida Saya, dan warga di samping sebuah rumah.

Konten dengan durasi 4 menit 28 detik itu kemudian memberikan kalimat penegasan, yakni: Petcah Tangis Presiden Jokowi Saat Melihat Rumah Ibu Ida Dayak Wanita Sakti Asal Kalimantan Timur.

Lalu apakah informasi tersebut benar? Berikut faktanya.

CEK FAKTADari hasil penelusuran video yang diunggah pada Senin (10/4/2023) itu terdapat beberapa kejanggalan, diantaranya:

1. Kesesuaian Judul dan Isi KontenApabila ditelusuri dari judul yang disematkan pada konten maka seharusnya konten tersebut berisi video Presiden Jokowi yang menangis saat mengunjungi rumah Ida Dayak. Baca Juga:CEK FAKTA: Sekali Dipijat Ida Dayak, Master Limbad Langsung Bisa Ngomong

Sementara, pada video yang diunggah pemilik kanal YouTube Asik Gosib hanya menyampaikan narasi latar belakang dan proses pengobatan yang dilakukan Ida Dayak.

Artinya, tidak ada kesesuaian antara judul yang disematkan, yaitu Petcah Tangis Presiden Jokowi, Saat Melihat Rumah Ibu Ida Dayak yang Lagi Viral dengan isi konten yang dijelaskan oleh narator.

2. Relevansi KontenPada Thumbnail video terdapat seorang pembawa berita CNN beserta foto Presiden Jokowi yang sedang menangis, Ida Dayak dan warga di samping sebuah rumah. 

Seolah informasi tersebut publikasikan oleh Stasiun Televisi CNN, namun faktanya tidak ada relevansi antara Thumbnail dengan konten yang dibawakan.

3. Thumbnail

Foto thumbnail tersebut menyertakan gambar Presiden Jokowi sedang menangis. Padahal, konteks saat itu adalah ketika melihat korban bencana alam di Desa Nelelamadike, Kecamatan Ile Boleng, Adonara, Nusa Tenggara Timur pada Juamt (9/4/2021).

KESIMPULANDari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa video dengan judul: Petcah Tangis Presiden Jokowi, Saat Melihat Rumah Ibu Ida Dayak yang Lagi Viral, adalah tidak benar atau hoax. (*/Dinda)

Artikel dengan judul CEK FAKTA: Pecah Tangis Presiden Jokowi saat Melihat Rumah Ibu Ida Dayak yang Viral, Berikut Faktanya! diatas merupakan tanggung jawab dari https://denpasar.suara.com/read/2023/04/11/112829/cek-fakta-pecah-tangis-presiden-jokowi-saat-melihat-rumah-ibu-ida-dayak-yang-viral-berikut-faktanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *