Kisah Abdurrahman Baswedan, Kakek Anies Baswedan Perjuangkan Kemerdekaan Indonesia

2023-04-11 11:36:04
Artikel dengan Judul Kisah Abdurrahman Baswedan, Kakek Anies Baswedan Perjuangkan Kemerdekaan Indonesia merupakan artikel yang bersumber dari https://denpasar.suara.com/read/2023/04/11/113235/kisah-abdurrahman-baswedan-kakek-anies-baswedan-perjuangkan-kemerdekaan-indonesia
Suara Denpasar – Mengawali sambutannya di Masjid Jogokariyan Jogjakarta, Anies Baswedan membuka kembali memori perjuangan bangsa ini dalam menghasilkan kemerdekaan yang benar-benar diakui oleh dunia.

Dilansir dari kanal YouTube Refly Harun, Selasa (11/04/2023), Anies Baswedan mengatakan bahwa sang kakek, Almarhum Abdurrahman Baswedan dan Agus Salim bersama pejuang lainnya pada waktu itu berangkat ke Timur Tengah untuk mengikhtiarkan pengakuan bagi Republik.

Perjalanan pun ditempuh dalam waktu beberapa bulan lamanya, karena pada waktu itu memang masih terbatasnya transportasi yang digunakan. Dengan tujuan Kairo, Mesir. Hasil perjalanan tersebut, setelah melakukan diplomasi yang cukup panjang.

“Keluarlah pengakuan de jure dan de facto bagi Indonesia,” ungkap Anies Baswedan. Baca Juga:Pernah Direshuffle, Anies Baswedan Tetap Beri Nilai 10 Untuk Skala Cintanya Terhadap Jokowi Karena Alasan Ini

Pengakuan inilah menjadi cikal bakal atau untuk pertama kalinya Indonesia diakui sebagai sebuah negara, dan negara pertama di dunia yang mengakui itu adalah Mesir.

Kemudian kakek Anies Baswedan yakni Abdurrahman Baswedan (AR Baswedan) kembali membawa surat pengakuan dari Mesir yang ditanda tangani oleh Perdana Menteri Mesir tersebut untuk Indonesia.

Sesampainya di Indonesia meski dengan berbagai pemeriksaan yang ketat pada waktu itu, akhirnya surat pengakuan yang dibawa oleh mendiang kakek Anies Baswedan sampai di tangan Presiden Soekarno.

Inilah yang menjadi salah satu harapan dan bangsa Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan hingga pada 17 Agustus 1945, Presiden Soekarno dan Moh. Hatta memproklamirkan kemerdekaan Republik Indonesia. (*/Dinda)

Baca Juga:Ganjar Posting Mudik Gratis, Warganet: Sudah Gak Respect, Fix Ini Pak Anies Baswedan Bakal Jadi Presiden 2024

Artikel dengan judul Kisah Abdurrahman Baswedan, Kakek Anies Baswedan Perjuangkan Kemerdekaan Indonesia diatas merupakan tanggung jawab dari https://denpasar.suara.com/read/2023/04/11/113235/kisah-abdurrahman-baswedan-kakek-anies-baswedan-perjuangkan-kemerdekaan-indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *